6 hal yang harus kamu siapkan sebelum magang

by - 22.41

hai semua, ga kerasa, semester genap udah mau kelar aja, bagi kalian yang semester depan punya kewajiban buat magang, atau kalian yang lagi binggung spend time untuk libur lebaran. postingan kali ini akan bahas apa saja yang perlu kalian siapkan saat mau magang (Internship)

Harus Tau mau magang dimana
memilih tempat magang adalah hal yang terptenting, beberapa artikel juga menuliskan kenapa kamu harus magang di perusahaan yang besar, meskipun saya sendiri lebih enjoy magang ditempat yang tidak begitu besar, dengan tim yang kecil. plus minus antara perusahan besar atau kecil bisa kamu baca disini

Lebih dari sekedar mengetahui, tapi pahamilah bagaimana bergerak di bidang apa perusahan itu, siapa yang yang harus kamu hubungi, dan apa yang bisa kamu tawarkan ke perusahaan dengan kehadiranmu sebagai anak magang. Ini yang paling penting, "kamu harus suka sama tempat magangmu". 

Siapkan CV dan Portofolio yang super ketce
buat portofolio yang lengkap atas apa saja yang telah kamu kerjakan, ceritakan tentang detil detil project yang kamu selesaikan, pernah menjadi volunteer dimana, apa aja kegiatanmu saat dikampus, tunjukan minat dan bakatmu untuk meyakinkan mereka kamu layak dan kompeten bekerja di perusahaan tersebut.

tips : jika kamu ingin membuat digital portofolio, PDF interaktif akan sangat membantumu, dengan akses hiperlink ke akun sosial mediamu, seperti behance, isssuu, slideshare atau scribd.


Banyak baca, nonton dan liat liat
ditempat magang kamu akan bertemu orang orang yang baru, yang complity diferent sama yang kamu bayangkan, dengan banyak wawawsan seperti baca novel, atau nonton film yang kamu gemari, atau kamu mungkin tertarik dengan band indie, kamu punya hal yang bisa menjadi bahan obrolan basa basi. just make a friend, try to blend in, dengan membiasakan membaur dengan karyawan disana dan membangun komunikasi. kamu akan mendapat ilmu dan pengalaman yang berbeda dengan suasana kampus.
http://haha-bibi.tumblr.com/post/59673725208/yes-im-a-stalker
Hahaha, Dunia tau siapa kamu
coba search namamu di google, seorang HRD akan mencari tahu calon karyawanya sebelum mereka melakukan recruitment, mereka akan mencari tahu kebiasaanmu di dunia maya, mengecek makanan favoritmu, tanggal ulangtahun, nama hewan peliharaanmu. mereka akan stalking di akun sosialmediamu seperti facebook, twitter atau IG.

tips : linkedin, adalah salah satu jejaring sosial yang mempertemukan profesional dan perusahaan. Nilai Plus jika kamu mendevelop akun linkedin menjadi seseorang yang profesional yang fokus dibidangmu, semacam personal brand lahh

Never say no
jangan menolak apapun pekerjaan yang diberikan oleh supervisormu, namanya juga anak magang, tunjukan kalau kamu mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan bisa bertahan di dalam perusahaan. Iyakan terlebih dahulu apa yang mereka minta, meskipun terdengar pekerjaan yang cukup sulit dan ga masuk akal, tunjukan terlebih dahulu seberapa besar kamampuan kalian, jika kesulian baru bisa kalian konsultasiin deh ke supervisor gimana baiknya.

tips : Akan lebih terbantu jika membuat pointers tentang apa saja yang kalian kerjakan, due date, dan pekerjaan jenis apa. beberapa aplikasi seperti any.do, google keep, atau evernote sagat membantu sebagai remainder dan mencatat hal-hal penting saat meeting. Perusahaan mencari SDM yang mereka butuhkan, hukum supply and demand sepertinya berlaku untuk fase ini. Jadi kalian tidak selalu mendapatkan posisi yang kalian inginkan saat meng-apply ke tempat magang, Namun bukan jadi alasan buat magang dengan setengah hati. Kita bisa belajar banyak saat sudah masuk kedalam perusahaan. yang penting masuk dulu lah

Jangan lupa kampus, inget kelarin skripsi
kebanyakan anak magang uda nyaman dengan tempat mereka, mendapatkan job, project, dan kehidupan yang lebih baik. Inget inget kudu kelarin skripsi dan balik ke tempat kerja lagi sebagai karyawan dengan gaji penuh. salah satu alasan yang saya katakan ke mereka kenapa saya tidak extend adalah "saya akan fokus menyelesaikan study semester depan, karena saya harus menyelesaikan apa yang saya mulai" 

kalau ada tips yang lebih jitu dari kelima tips diatas, atau mau sharing tentang pengalaman mangang, boleh dong di share di box comment, semoga bermanfaat yah buat semester depan. selamat magang semua :* (ketchup semua)

You May Also Like

1 comment

  1. Numpang ninggalin jejak ya kak :D

    Liburan semerster ini in syaaaa Allaah aku mau magang, gak lama sih cuma sebulan. Bukan karena syarat kelulusan sih, aku mau nambah ilmu di luar sambil ngisi liburan yang bermanfaat. Aku udah kirim email lamaran ke salah satu pabrik minuman yang masih satu kota, yaa semoga diterima walau cuma satu bulanan ajah :")

    Oh iya kak kapan" kalau ada waktu boleh kok mampir ke blog aku (http://sukatahusaya.blogspot.com), ehehehe semoga bermanfaat~ Salam Kancut! :D

    BalasHapus

talk more