Sejarah Diskomfest

by - 09.30

Hai diskomfriends! Udah pada tau belum sih sejarah diskomfest ? Woops, jangan khawatir bagi yang belum tau karna kita bakal jelasin sejarah singkat diskomfest. Diskomfest merupakan acara festival desain dua tahunan yang diselenggarakan oleh temen temen ISI Yogyakarta. Diskomfest berawal dari kebosanan pameran desain yang monoton, kita berinisiatif membuat gebrakan baru pada tahun 2000.

Lebih dari ajang show off karya desain, diskomfest juga merupakan ajang pesta dan hari rayanya anak diskom. Diskomfest pertama bertemakan “studyhard playhard", menunjukan jati diri kita sebagai desainer dari ISI Jogja, yang kerja bisa, pesta juga bisa :) . Diskomfest kedua “local heroes” menampilkan karya desainer lokal ternyata punya kualitas global. Sedangkan diskomfest ketiga “ring of fire” membahas tentang anak Diskom yang multi talent bagaikan para pemain sirkus. Diskomfest yang keempat dengan tema “culture expansion” merespon bagaimana budaya lokal kita yang patut dipertahankan, dan ternyata bisa kok karya kita go internasional. Kota Gede dalam komik merupakan salah satu project yang digarap waktu #diskomfest ke-4, sudah dibukukan dan diterbitkan oleh Jalasutra, wow!

Diskomfest juga sempat mundur satu tahun karena gempa yang terjadi di kota jogja pada tahun 2006. Sedangkan diskomfest dua tahun lalu bertema “lokalisasi untuk lokal solusi” menceritakan peran kita sebagai desainer yang berguna untuk orang orang disekitar. Wah ternyata sudah lebih dari 15 tahun! dan tahun ini diskomfest akan menyelenggarakan festivalnya yang ke-6 dengan tema “future food”. Gak nyangka yah sejarah diskomfest ternyata cukup panjang dan berliku. Masih penasaran kan kenapa kita tahun ini mengambil tema “future food” Dateng yah ke Plaza Pasar Ngasem tanggal 18-20 September.

sumber foto poster diskomfest1, diskomfest2
Writed By Yusuf HabibiEdited By Luinambi & Vanya
CMIIW

Read Original Chipstory #sejarahdiskomfest on Twitter by @Diskomfest

You May Also Like

0 comment

talk more